Sunday 2 November 2008

Selimut

Minggu Siang

hari minggu siang yang mungkin menurut kebanyakan orang sangat panas,menjadi sangat teduh bagi saya,pertemuan dengan seorang anak kecil di busway lah penyebabnya..

Hari itu saya berangkat ke mangga2 untuk membeli laptop,berangkat dari rumah dengan hati kesal kepada ibu saya ( masalah sepele yg tidak akan saya ceritakan )..saya berangkat naik metromini 92,berhenti di citraland dan disambung busway..didalam busway,yang tumben sekali sepi,ada beberapa orang termasuk saya,saya duduk dibelakang supir berhadapan dengan seorang pemuda kantoran yang kelihatan sangat angkuh,menelpon rekan kantornya dengan suara yang sangat keras..tepat disebelah saya,ibu tua berjilbab dengan air muka sabar,hmm ibu ini terlihat sangat kelelahan,,di pangkuannya ia menggendong anak perempuan,anak itu masih sangat lucu,cantik dan bermata bulat,mungkin baru berumur 4-5 tahun..

awalnya,saya tidak terlalu memperhatikan,karena hati masih gundah gulana karena masalah rumah,tapi sayup2 ingin tidur,saya mendengar anak itu berbicara pada ibunya

Anak : bu,kita mau kemana?
Ibu : kita mau main kerumah nenek nak..
Anak : ko' abah ga ikut bu?
Ibu : (terdiam,mencoba tersenyum..)
Anak : bu,ko abah ga ikut?
Ibu : abah kamu kan udah sama Allah nak..
Anak : sama Allah tuh dimana bu?
Ibu : di Surga nak..(senyum ibu itu mulai terlihat getir)
Anak : bu,disurga dingin ga bu?
Ibu : ko' nanya gitu?kenapa?
Anak : kalau dingin,,aku mau minta sama Allah selimut,supaya abah ga kedinginan disana

mendengar itu,sang ibu menitikkan air matanya,bukan pertanda sedih,terlihat bahwa ia bahagia,dipeluknya anak itu lebih erat..
ia tersenyum bahagia

Ah kawan,hilang rasa kesal saya.anak itu meruntuhkan ego saya dalam sekejap,saya terpikir ibu dirumah..